Tuesday, October 14, 2008

Obama VS McCain


Obama VS McCain adalah pertarungan dua kandidat pemimpin negeri yang (katanya) paling digdaya di masa ini. Maka tidak heran semua mata manusia di dunia melirik ingin tahu apa yang akan terjadi. Obama pembela kaum menengah ke bawah lebih difavoritkan daripada McCain yang membela kaum borjuis, kebanyakan warga Amerika menilai Obama lebih pantas menyandang gelar tertinggi di USA daripada McCain karena ketenangan bicara dan targetnya yang lebih terpapar daripada McCain. Sebagaimana kita ketahui dalam berita - berita di TV bahwa kebanyakan serangan yang dilontarkan oleh kubu McCain adalah tudingan miring terhadap Obama bukan pada kebijakan yang akan dilakukan Obama, dan Obama menjawab semua dengan sangat mematikan yaitu intinya "McCain hanya mengalihkan pembicaraan saja" atau "McCain menuduh saya macam - macam karena dia tidak punya kebaikan yang bisa diperlihatkan".

Hebat!!! Cerdas!!! itulah pikiran saya ketika mendengar respon atas serangan2 McCain atas dirinya. Ketenangan dalam berpolitik sungguh sangat jarang, apalagi di dalam dunia politik Amerika yang sangat penuh sensasi.

Obama lebih diunggulkan juga karena dia melawan rezim Bush, yang terlihat "hilang akal sehat", bagaimana tidak dalam perang Iraq Amerika memang menang, tapi ternyata tuduhan yang menjadi landasan untuk berperang ternyata tidak terbukti, hal ini membuat kecewa sebagian besar warga AS karena uang yang dikeluarkan untuk pembiayaan perang tidaklah sedikit, belum para keluarga yang kehilangan anggotanya di medan perang. Dan hal ini lebih diperparah dengan krisis yang menimpa AS saat ini.Kenyataan bahwa McCain adalah "teman tapi mesra" Bush membuat popularitas McCain melorot.

Dilihat dari mana saja, Obama tampak lebih unggul...tapi melihat Pemilu terakhir di AS yang berbau kontroversi dimana Bush tiba2 membalikkan keadaan di penghitungan terakhir... dan saya takut Obama akan mengalami kesialan serupa...

No comments: