Thursday, October 16, 2008

Krisis Amerika* (*baca = global)


Amerika sedang mengalami krisis yang dahsyat, Kinerja Presiden Bush selama 8 tahun belakang menjadi penyebab utama munculnya krisis yang dialami Amerika. Limpahan dana untuk biaya perang dan bantuan untuk Israel membuat kondisi keuangan di Amerika kacau. Tapi bukan Amerika kalau tidak bikin heboh, krisis Amerika sekarang bukan lagi dikenal dengan krisis Amerika, tapi krisis global. Semua negara di dunia terkena imbas dari krisis yang dialami negara tersebut. Indonesia pun tidak luput dari imbasnya, IHSG terus anjlok, Rupiah mengkerut dan lain lain, ini semakin menambah problematika bangsa. Kenapa? padahal Amerika yang krisis kenapa kita juga ikut2an? Itulah akibatnya kalau kita terlalu "menyusu" pada orang lain, ketika susunya tidak lancar menangislah kita.

Krisis Global yang melanda sekarang juga disebut - sebut sebagai akhir dari era kapitalisme. Kapitalisme yang mengekang dunia dalam dekade terakhir semakin terlihat kebobrokannya dari tahun ke tahun dan akhirnya sampai ke dalam krisis global saat ini. Sekarang tinggal menuju kelanjutan episode ini, apakah Kapitalisme tetap dipegang ataukah ada sistem lain yang menjadi penggantinya?

Yang paling penting adalah bagaimana negara ini menjadi mandiri bukan kuli sehingga kalau kalau ada negara yang terkena krisis kita bisa menolak ajakan mereka, atau kalau kita terkena krisis maka negara lain tidak bisa menolak ajakan kita untuk krisis bersama, sebagaimana yang dilakukan Amerika saat ini. Pak Karno pernah berkata kalau dalam suatu negara banyak penduduknya yang jadi kuli maka kita akan menjadi kuli bagi negara lainnya. kalau dulu merdeka atau mati , sekarang mandiri atau kuli...

No comments: